Rusak Parah, DPRD Kota Bengkulu Cat Jalan Provinsi

123

KABARRAFFLESIA.com – Pimpinan dan anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Bengkulu menyayangkan beberapa jalan milik Provinsi Bengkulu yang rusak parah dan tak kunjung diperbaiki. Karena itu, mereka pun melakukan aksi cat jalan dengan pilox di jalan tersebut, Senin (12/2/2018).

Hadir dalam aksi ini Wakil Ketua II DPRD Kota Bengkulu Teuku Zulkarnain. Selain itu ada anggota DPRD Kota Bengkulu Kusmito Gunawan dan Minharsi’i. Aksi dimulai dimulai dari jalan lintas provinsi di Kelurahan Bentiring, dilanjutkan ke Kelurahan Betungan dan Sumber Jaya.

Dikatakan Teuku, aksi ini dilakukan lantaran mereka kecewa dengan pemerintah Provinsi Bengkulu. Apalagi sudah banyak laporan masyarakat yang menjadi korban kecelakaan lalu lintas akibat jalan rusak. Namun kondisi ini belum mendapatkan tanggapan serius pemprov.

“Pemprov tidak serius dalam membangun jalan yang ada di dalam kota. Padahal anggarannya besar, silpanya juga besar sampai lebih dari Rp500 miliar. Kerjanya Plt Gub itu apa? Jangan dia sibuk resmikan ini, resmikan itu. Sibuk ngurusin mutasi kota, sibuk ingin pindahin kasda (kas daerah). Tapi penduduk kota yang jadi korban jalan rusak dia tidak peduli, ini lho yang nyata yang dibutuhin masyarakat,” ungkapnya.

Apabila perbaikan dilakukan oleh Pemkot Bengkulu, lanjut Teuku, maka hal ini tentunya dinilai menyalahi aturan. Jalan provinsi sudah sewajarnya dilakukan perbaikan. Sebab parawatan rutin terakhir dilakukan pada 2016, dua tahun berselang jalan kembali rusak.

“Silpa di provinsi sampai Rp 500 miliar lebih. Gubernur kan bicara penegakan peraturan dan pembangunan. Ini di depan mata loh. Jangan cuma bisa mengurusi hal sepele remeh temeh, menyangkut nyawa orang saja tidak diurus,” paparnya.

Sementara itu, Kabid Binamarga Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kota Bengkulu Rozy Ismairiandi mengatakan jalan Bentiring ini memang kewenangan pihak provinsi untuk statusnya. Namun masuk di kawasan Pemkot Bengkulu.

“Ini jalan provinsi namun wajah kota. Kita tidak perlu saling menyalahkan tinggal mencari solusi lebih baik. Kita selalu melakukan koordinasi dengan pihak provinsi,” jelasnya.

Dinas PUPR Kota Bengkulu, lanjutnya, sedang mengusulkan pemindahan status jalan provinsi dikembalikan ke Pemerintah Kota. “Kita sudah ajukan mudah-mudahan disetujui. Koordinasi juga kita lakukan untuk menanggulangi jalan terbengkalai,” tutupnya. (adv)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here