KABARRAFFLESIA.com – Tahun 2018 ini Dinas Sosial (Dinsos) Kabupaten Mukomuko, bakal membagikan 15 buah kursi roda untuk warga cacat, dan 15 buah tongkat untuk alat bantu berjalan bagi warga, serta 15 buah alat bantu pendengaran bagi warga tuna rungu.

Alat bantu bagi warga cacat dan tuna rungu itu, bantuan dari pemerintah pusat dan akan dibagikan dalam waktu yang singkat ini. Kepala Dinsos Kabupaten Mukomuko, Herlian Saleh SSos, MSi, ketika dikonfirmasi kemarin kamis (15/3) meminta kepada masyarakat yang ada di Kabupaten Mukomuko untuk tidak segan melaporkan dan meminta bantuan jika ada warga yang cacat dan membutuhkan kursi roda maupun ada warga yang tuna rungu membutuhkan alat bantu pendengaran.

“Silahkan saja ajukan ke Dinas Sosial. Berapapun kebutuhan yang di inginkan masyarakat, akan kita ajukan ke pemerintah. Tapi untuk tahap awal ini, ada 15 buah kursi roda, 15 buah tongkat dan 15 alat bantu pendengaran akan dibagikan kepada masyarakat berdasarkan usulan yang masuk,” terangnya.

Jika usulan alat bantu bagi warga cacat tidak ada di pemerintah pusat, Herlian memastikan akan mengusulkan ke pemerintah provinsi. Sebab hingga sekarang ini Dinas Sosial Provinsi Bengkulu, masih menyiapkan alat bantu bagi warga cacat yang ada di Kabupaten Mukomuko sepanjang ada permohonan.

“Jadi warga tidak usah khawatir jika tidak dapat alat bantu. Kalau tidak ada di pusat, di provinsi juga ada. Bahkan untuk kursi roda bantuan dari provinsi bisa di pakai langsung untuk tidur dan ukuranya pun jauh lebih besar,” jelasnya.

Seluruh bantuan yang di upayakan Dinas Sosial Kabupaten Mukomuko untuk warga cacat, supaya mereka bisa menjalankan aktifitasnya sebagaimana mestinya. Sebab tidak seluruh warga cacat tidak memiliki keahlian. Justru rata-rata dari mereka itu memiliki  keahlian baik menjahit, dan membuat kerajinan tangan lainnya.

“Kalau ada alat bantu, maka aktifitasnya tidak terganggu. Itulah sebabnya pemerintah memaksimalkan untuk memberikan bantuan bagi warga yang mengalami cacat. Ya harapan kami, bantuan yang akan segera di distribusikan itu bermanfaat bagi calon penerimanya,” harapnya. (MC)

1 KOMENTAR

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here