KABARRAFFLESIA.com – Sebanyak 112 dari 142 desa yang ada di Kabupaten Bengkulu Selatan telah mencairkan dana desa. 30 desa lainnya masih dalam proses finalisasi APBDes 2018. Hal ini disampaikan Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa Kabupaten Bengkulu Selatan Siswanto, dikutip dari Antara, Sabtu (23/6).

Menurut Siswanto, keterlambatan pencairan tersebut disebabkan sejumlah faktor. Salah satunya, lantaran desa-desa tersebut terlambat dalam proses pencairan Dana Desa tahap I.

“Untuk mencairan Dana Desa tahap II, mereka yang dulu terlambat melakukan pencarian Dana Desa tahap I harus terlebih dahulu memberikan Laporan Pelaksanaan Kegiatan tahap I,” kata dia.

Lebih lanjut, dia menyebutkan total Dana Desa di Bengkulu Selatan tahun ini sebesar Rp97 miliar. Nominal Dana Desa yang diterima setiap desa bervariasi, tergantung luas wilayah desa, jumlah penduduk, keluarga miskin, serta kesulitan geografis desa.

“Peruntukan Dana Desa adalah untuk pemberdayaan dan pembangunan desa sesuai dengan kebijakan pemerintahan desa tersebut, seperti pembangunan jalan menuju sentra produksi, membuat BUMDes hingga memberdayakan industri rumah tangga,” jelasnya. (ant)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here