MUKOMUKO KR – Ketua Pengadilan Negeri ( PN ) Argamakmur, Alex Adam Faisal beserta rombongan  di dampingi Asisten 1 setdakab Mukomuko, Gianto, Asisiten II Novizal Eka Putra, Kakan Kesbangpol, Jumaidi, Kabid Aset , Budiarto meninjau persiapan dan Kesiapan gedung sementara Pengadilan Negeri Mukomuko yang terletak di Desa Kota Praja, Kecamatan Air Manjuto, Jumat (3/8).

Ketua PN Argamakmur, Alex Adam Faisal, SH menuturkan, saat ini persiapan PN Mukomuko sudah mencapai 90 persen baik mengenai sarana maupun prasarana. Pemkab Mukomuko tahun ini terus melengkapi segala kebutuhan PN dalam bentuk pinjam pakai termasuk gedung dan kendaraan.

“Secara umum persiapan sudah 90 persen. Kita ke Mukomuko ini juga meninjau persiapan dan menyelesaikan administrasi pinjam pakai yang diberikan atau di fasilitasi oleh Pemda Mukomuko” ungkap Alex kepada HB saat meninjau lokasi PN Mukomuko, Jumat (3/8).

Dari pihak pengadilan sendiri sudah menyiapkan calon Hakim PN Mukomuko sebanyak 9 orang beserta staf yang akan ditugaskan di PN Mukomuko jika sudah diresmikan nanti. Ungkap Alex Faisal, calon Hakim dan Staf PN Mukomuko saat ini sedang bertugas di PN Argamakmur.

Ia juga mengatakan, gedung Balai Benih Holtikultura (BBH) yang digunakan sementara untuk Kantor PN Mukomuko juga sudah cukup layak untuk dijadikan kantor PN sementara. Jika PN Mukomuko sudah diresmikan, kedepannya tentu ada anggaran untuk pembangunan kantor.

“Kalau idealnya untuk sebuah PN memang belum, tapi ini sudah cukup layak untuk kantor sementara,” ujarnya.

Ditanya soal waktu peresmian, Ketua PN Argamakmur ini tidak menyampaikan secara pasti. Hanya saja kata dia, info dari Mahkamah Agung (MA) dari ratusan bakal PN seluruh Indonesia, ada 20 -30 yang bakal diprioritaskan diresmikan cepat. Salah satunya PN Mukomuko.

“Itu info dari Pengadilan Tinggi (PT) Bengkulu, saya sebagai Ketua PN induk yakni PN Argamakmur kesini (Mukomuko) untuk memastikan kesiapan PN Mukomuko,” pungkasnya.

Saat dikonfirmasi Asisten I Setdakab Mukomuko, Gianto, SH menyampaikan, Pemkab Mukomuko siap membantu semampunya agar PN Mukomuko bisa segera diresmikan. 

Ini dilakukan agar masyarakat Mukomuko yang sedang mencari keadilan tidak perlu jauh-jauh lagi ke Argamakmur untuk menjalani sidang, cukup di daerah sendiri.

“Kalau untuk persiapan seperti yang disampaikan ketua  tadi sudah mencapai 90 persen,baik itu sarana dan prasarana kita membantu semaksimal mungkin sesuai kemampuan ” jelasnya.

Ditanya terkait berapa kendaraan yang dipinjam pakaikan ke PN Mukomuko nantinya, gianto mengatakan saat ini baru satu kendaraan 
”  ya untuk kendaraan baru 1 kendaraan yang bisa kita berikan, nantinya kan bertahap yang jelas saat ini kita berharap PN Mukomuko secepatnya bisa di resmikan oleh MA” tutupnya ( nr ) 

1 KOMENTAR

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here