MUKOMUKO KR- Kepala Kantor Wilayah (Kanwil) Kementerian Agama (Kemenag) Provinsi Bengkulu, Drs.H Bustasar mengatakan bahwa pada tahun ini Provinsi Bengkulu akan menerapkan pembuatan Kartu Nikah. Sebagai pilot project, Kanwil Kemenag menunjuk Kota Bengkulu.

“Mulai tahun ini untuk Provinsi Bengkulu sudah mulai menerapkan pembuatan e-Kartu Nikah pasangan suami istri, dan sekarang sudah mulai berjalan. Untuk pembuatan e-Kartu Nikah ini pilot projectnya Kota Bengkulu dulu, jadi seluruh kabupaten di Provinsi Bengkulu belum. Nantinya e-Nikah ini bertahap, kita harapkan ini nantinya berjalan dengan sukses dan lancar,” ungkap Bustasar, Kakanwil Kemenag Provinsi Bengkulu, saat Kunjungan kerja di Kemenag Kabupaten Mukomuko, Kamis (10/1).

Lanjutnya, e-Kartu Nikah ini nantinya mirip dengan e-KTP. Dengan adanya e-Kartu Nikah ini akan meminimalisir dan mencegah terjadinya pemalsuan buku nikah yang marak terjadi, kartu nikah ini dilengkapi kode QR yang terhubung dengan aplikasi Simkah.

“Kartu nikah ini ada barkodenya jadi semua data kita bisa dilihat disitu, seperti halnya e-KTP sudah terkoneksi , jadi ketika kita bepergian jauh bersama istri menginap misalnya di hotel nantinya bisa ketahuan jika ini istrinya demikian sebaliknya, dan kartu nikah ini juga memudahkan masyarakat yang selama ini kemana-mana (bepergian, red) bawa buku nikah nantinya cukup bawah kartu nikah saja,” singkatnya (Nr)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here