KABARRAFFLESIA.com – Kemenag melansir sebanyak 86 Jamaah Calon Haji (JCH) Bengkulu belum lunasi Biaya Penyelenggaraan Ibadah Haji (BPIH). Hal ini berdasarkan data Sistem Komputerisasi Haji Terpadu (SISKOHAT).
“Sejak dibuka tanggal 30 April 2019 lalu, tercatat hanya 9 JCH yang melakukan pelunasan BPIH tapah ke-2 yaitu dari Kota bengkulu, Bengkulu Utara dan Bengkulu Tengah,” kata Kabid Haji dan Umroh Kanwil Kemenag Bengkulu, Ramlan.

Lebih lanjut, ia menerangkan JCH yang belum melunasi BPIH berasal dari Kota Bengkulu sebanyak 7 orang, Bengkulu Utara 5 orang, Bengkulu Selatan 4 orang, Rejang Lebong 17 orang, Mukomuko 11 orang, Seluma 5 orang, Kaur 6 orang, Kepahiang 10 orang, Lebong 3 orang, Bengkulu Tengah 8 orang dan TPHD Provinsi sebanyak 11 orang.
Dengan kondisi itu, menurutnya dari kuota haji reguler Provinsi Bengkulu yaitu 1.641 orang baru 1.545 orang yang telah melakukan pelunasan atau sekitar 94,76 persen.

Baca juga: Pernah Berhaji, CJH Harus Bayar Visa Progresif

Dia menduga kemungkinan besar JCH yang belum melakukan pelunasan dikarenakan adanya gagal sistem pada Bank Penerima Setoran (BPS) atau kendala teknis lainnya, dan ia yakin hal itu bisa diselesaikan dengan baik sebelum batas akhir pelunasan BPIH tahap 2.
Faktor lainnya adalah adanya penggabungan mahrom atau suami/istri dan adanya JCH telah masuk dalam kuota namun telah lanjut usia (minimal 75 tahun-red) dan harus didampingi oleh keluarganya untuk bisa melaksanakan ibadah haji.
“Kita doakan semoga proses pelunasan berjalan lancar dan bagi JCH yang belum melakukan pelunasan untuk segera melunasi dan jika ada kendala silahkan berkoordinasi dengan Kemenag Kabupaten/kota,” paparnya. (cho)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here