KABARRAFFLESIA.com – Kota Bengkulu memasuki tahap penilaian Kota Layak Anak (KLA) tingkat madya. Tim Verifikasi Faktual KLA dari Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak juga telah melakukan penilaian, Rabu (29/5/2019). Hal ini menyusul atas diraihnya prestasi KLA tingkat pratama pada 2018 lalu.

InsyaAllah kita mendapatkan predikat Kota Layak Anak. Yang terpenting kita memberikan yang terbaik, kalau kita sudah melakukan yang terbaik pasti Allah akan memberikan yang terbaik, dan semangat menjadikan kota Bengkulu menjadi kota layak anak bukan hanya dari pemerintah saja melainkan semangat dari seluruh masyarakat kota Bengkulu,” ucap Walikota Bengkulu Helmi Hasan.

Lanjut Helmi Hasan, dengan dukungan dari seluruh masyarakat, Insha Allah kota Bengkulu menjadi Kota Layak Anak. “Bukan hanya dapat penghargaan dari pemerintah pusat saja, kita jadikan kota Bengkulu ini benar-benar Kota Layak Anak,” ungkapnya.

“Anak adalah bagian yang sangat penting, karena anak adalah masa depan Kota Bengkulu, jika anak kita tidak bisa jadi anak yang terbaik maka kota kita tidak akan pernah jadi yang terbaik, sebaliknya jika anak kita dididik dan dilatih jadi anak yang terbaik dalam segala bidang, InsyaAllah Kota ini menjadi kota yang terbaik di dunia,” ujarnya.

Sementara itu, Tim Ahli Kota Layak Anak dari Kementrian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak, Dr. Hamid Patilima mengatakan Kota Bengkulu layak menuju Kota Layak Anak.

“Dilihat dari sekolah yang kita lakukan penilaian tadi, Kota Bengkulu sudah mendekati menuju Sekolah Ramah Anak, tadi kita lihat di sekolah sudah ada aman bencana, kantinnya udah bagus, fasilitas UKS dan perpustakaannya lengkap,” ucapnya.

Menurutnya, Kota Bengkulu saat ini sudah banyak perubahan. “Kita sudah mendapat informasi dari forum anak bahwa sudah terbentuk forum anak di hampir setiap kecamatan.”

Forum anak Bengkulu ini, sambungnya, sudah dicek dan ternyata sudah berperan aktif bermitra dengan pemerintah. ” Tadi kita coba bertanya ada menyimpan nomor telpon dinas perpustakaan daerah, ternyata ada nyimpan dan kita tes untuk menelpon perpustakaan tersebut ternyata komunikasi lancar, ” ungkapnya.

“Untuk sekolah sudah bagus meski ada sedikit catatan, dan untuk kesehatan di Puskesmas sudah mulai membaik meski perlu ditingkatkan. Untuk keputusan kota Bengkulu berhak mendapat predikat Kota layak anak tingkat madya itu hasil putusan dari kementrian, kami hanya memberikan rekomendasi penilaian. Secara keseluruhan semuanya sudah bagus,” ungkapnya.

Untuk diketahui, turut mendampingi tim penilaian dari kementerian PP dan PA, Kepala Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Kota Bengkulu, Kepala Bapelitbang Kota Bengkulu, Kepala Dinas Kesehatan Kota Bengkulu, Kepala Dinas Pendidikan Kota Bengkulu. (adv)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here