KABARRAFFLESIA.com – Wanita dewasa normal akan mengalami masa menstruasi. Beberapa wanita akan merasakan berbagai gejala sebelum memasuki masa menstruasi. Gejala ini disebut dengan PMS atau Pre Menstrual Syndrome. Gejala yang dirasakan beragam dengan tingkat keparahan yang beragam pula sehingga cara untuk mengatasinya juga berbeda.

Tips Mengatasi PMS yang Mengganggu
Gejala akan mulai muncul 1-2 minggu sebelum hari pertama menstruasi. Wanita mungkin akan merasakan kram perut, sakit kepala, diare, cepat lelah, dan nyeri punggung. Gejala yang melanda mental bisa berupa mudah tersinggung, sedih tanpa alasan, atau merasa cemas. Sebenarnya gejala tersebut akan hilang ketika memasuki masa menstruasi. Namun pada beberapa wanita, gejala sebelum menstruasi dapat menghambat aktivitas. Berikut tips untuk mengatasi gejala sebelum menstruasi.

1. Menenangkan pikiran
Jika Anda selalu stres atau tiba-tiba merasa sedih menjelang menstruasi, maka tips untuk mengatasinya adalah menjauhkan diri dari hal-hal yang bisa memunculkan emosi tersebut. Tenangkan pikiran dengan mengurangi pikiran negatif dan memperbanyak pikiran positif. Manajemen emosi yang baik akan membuat hati tenang dan kondisi stres sebelum menstruasi dapat dihindari.

2. Olahraga rutin
Meskipun menjelang menstruasi badan terasa lelah, berolahraga tetap perlu dilakukan. Olahraga rutin akan merangsang otak melepas endorfin yang berfungsi memperbaiki suasana hati. Jumlah endorfin dalam tubuh yang cukup akan membuat Anda merasa senang. Olahraga juga akan membuat kondisi tubuh menjadi lebih bugar. Dengan berolahraga, gejala seperti kram perut akan terhindari. Hasilnya Anda dapat menjalani aktivitas dengan lancar menjelang menstruasi tanpa adanya gangguan.

3. Mengatur pola makan
Pola makan sangat berpengaruh terhadap munculnya PMS. Biasakan untuk tidak makan dan minum dengan gula tinggi seperti minuman soda atau permen terutama menjelang menstruasi. Gula darah normal akan membantu meringankan gejala menjelang menstruasi. Asupan karbohidrat bisa diperoleh dari makanan yang mengandung karbohidrat kompleks misalnya beras merah atau gandum. Pantangan menjelang menstruasi adalah kafein dan alkohol. Kedua minuman ini dapat memperparah gejala menjelang menstruasi.

4. Menggunakan obat
Opsi untuk menggunakan obat ketika PMS bisa dipertimbangkan jika gejalanya benar-benar mengganggu aktivitas. Pilihan yang bisa digunakan adalah antinyeri seperti parasetamol yang berfungsi mengatasi kram perut atau nyeri di bagian lain. Anda juga bisa mendapatkan antidepresan untuk penenang atau pil kontrasepsi untuk menstabilkan hormon jika berkonsultasi ke dokter. Ada baiknya Anda berkonsultasi ke dokter sebelum menggunakan obat.

Munculnya PMS dan bentuk gejala setiap wanita bisa berbeda. Hal ini menyebabkan cara mengatasinya akan berbeda pula. Jika Anda bingung apa yang harus dilakukan, Anda dapat mengunjungi sehatq.com untuk memahami gejala sebelum menstruasi di direktori penyakit. Anda juga bisa konsultasi dengan dokter melalui forum tanya di situs SehatQ untuk mendapatkan arahan.

(ads)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here