KABARRAFFLESIA.com – Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Kota Bengkulu, optimis hingga tutup akhir tahun nanti bisa merealisasikan Pendapatan Asli Daerah hingga Rp100 milliar. Sejak akhir Juni kemarin, pihaknya sudah mencatat realisasi PAD sebesar Rp.54 milliar.

“Alhamdullilah sudah 54,93 % tercapai, kita optimis sampai akhir tahun nanti bisa terpenuhi,” kata Kepala Bapenda Kota Bengkulu Hadianto.

Salah satu sektor yang akan digenjot oleh Bapenda untuk menaikkan PAD, adalah sektor pajak reklame. Sebab pihaknya mengakui sejauh ini pajak reklame masih belum tergarap maksimal. Ini dibuktikan dengan masih jauhnya realisasi yang didapatkan dari pajak reklame. Memang diakui untuk pajak reklame belum maksimal didapatkan.

“Di sisa waktu ini akan kita kejar lagi untuk pembayarannya,” katanya.

Selama ini, Sambung Hadianto, pihaknya hanya mengejar pajak reklame yang berukuran besar-besar saja. Seperti baliho dan billboard. Sementara reklame yang kecil-kecil seperti papan plang merek toko banyak belum tergali. Padahal iklan merek toko terpasang di toko-toko tersebut jumlahnya cukup banyak. Bapenda bahkan mencatat setidaknya ada ribuan reklame merek plang nama toko yang tersebar di Kota Bengkulu.

Untuk tahap awal, pihaknya akan menyisir merek toko yang ada di sepanjang ruas Jalan Jenderal P. Natadirja, Adam Malik dan MT Haryono. Setelah itu baru dilanjutkan ke ruas jalan protokol lainnya di Kota Bengkulu.

“Satu ruas jalan saja, jumlahnya bisa mencapai ratusan sehingga membutuhkan waktu yang tidak sebentar untuk melakukan penertiban dan pendataan,” tutup Hadianto. (HR)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here