Finger Painting

KABARRAFFLESIA.com – Melukis dengan tangan tentu sudah cukup dikenal oleh masyarakat. Finger painting bukan hanya melukis, namun memiliki banyak sekali manfaatnya. Sejatinya, anak anak masih memiliki sifat bermain yang tinggi. Hal ini tentu tidak bisa dihindari, bahkan dilarang oleh orang tua. Justru, orang tua bisa mengajak untuk bermain bersama dengan anak.

Permainan yang satu ini ternyata memang sangat mudah. Yaitu, dengan menyiapkan cat warna secukupnya saja. Kemudian, tuangkan pada wadah cat. Selanjutnya, celupkan tangan anak dan bisa ditempelkan pada tembok ataupun kertas karton putih. Tentunya sangat seru bukan? Dibalik itu semua, banyak manfaat finger painting yang harus orang tua pahami lebih dalam.

Beberapa Manfaat Finger painting

Bermain dengan memanfaatkan cat warna untuk kemudian dicelupkan tangan memiliki banyak manfaatnya. Ini dia manfaatnya:

Sebagai Media Ekspresi

Sebagai orang tua, seharusnya paham bahwa anak-anak membutuhkan media untuk ekspresi. Salah satunya, melalui kesenian. Karena, kesenian memang memiliki banyak sekali keunikan. Mewarnai dengan tangan tentunya akan sangat menarik bagi anak-anak. Dengan begitu, anak akan mengenal kesenian dengan lebih baik lagi.

Jadi, tidak ada salahnya bagi para orang tua untuk dapat mengenalkan hal ini kepada anak. Karena, dengan mengenalkannya membuat anak menjadi tidak bingung dalam menyalurkan ekspresinya. Banyak dari anak saat ini yang hanya sibuk bermain smartphone. Padahal, bermain warna dengan tangan sungguh menyenangkan.

Meningkatkan Daya Imajinasi

Anak-anak memiliki daya imajinasi yang tinggi. Sayangnya, tidak semua orang tua mengetahui hal ini. Jadi, mereka membiarkan anak untuk bermain dan belajar seadanya. Cobalah, untuk mengajak anak agar bisa bermain finger painting. Karena, permainan ini sangat membantu untuk meningkatkan daya imajinasi.

Dengan daya imajinasi yang tinggi, membuat anak menjadi lebih banyak dalam berekspresi. Tentunya, hal ini baik untuk membantu perkembangan dari anak. Agar anak tidak stress dan bisa mengembangkan bakat ataupun ketertarikannya dalam kesenian melukis.

Mengenalkan Konsep Warna

Ingin memperkenalkan kepada anak mengenai konsep dari warna? Tidak perlu bingung, ajak saja untuk melakukan permainan finger painting. Karena, dengan permainan ini akan membantu untuk mengenalkan konsep warna. Pengenalan konsep warna seperti nama dari warna, dan pencampurannya.

Karena, warna jika dicampurkan tentu akan memiliki kolaborasi. Disinilah peran orang tua untuk dapat membantu dalam mengenalkan konsep tersebut. Jika anak sudah memahami dengan benar konsep dari warna. Maka, dapat dipastikan anak akan mendapatkan pertumbuhan yang lebih baik.

Mengajarkan Nilai Estetika

Nilai keindahan merupakan hal yang sangat penting untuk bisa diajarkan. Mengapa demikian? Karena, keindahan menjadi salah satu tujuan dalam membuat karya. Untuk itu, bisa dikenalkan terlebih dahulu melalui finger painting. Proses ini sangat baik dalam membantu anak agar hasil karya yang dihasilkan luar biasa.

Semua orang tua tentunya ingin anaknya memiliki keterampilan yang lebih. Untuk itu,cobalah bermain finger painting dan buat karya yang indah. Maka, anak juga akan menyukai dan memiliki ketertarikan dalam membuat karya dengan nilai keindahan tinggi. Dari hal kecil ini, ternyata memiliki manfaat begitu banyak. Terutama untuk karya yang lebih indah lagi!

Dengan bermain finger painting banyak sekali manfaat yang bisa anda dapatkan. Jadi, jangan sampai anda tidak mengajak anak untuk bermain. Karena, hal ini juga bisa dikolaborasikan sebagai permainan dan seni. Tunggu apa lagi? Coba sekarang juga.

(Ads)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here