Impetigo

KABARRAFFLESIA.com – Berbagai macam persoalan kesehatan tubuh bayi bisa saja datang secara cepat. Impetigo merupakan penyakit kulit yang paling sering terjadi. Tentunya, anda harus memahami penyakit yang satu ini dengan lebih dalam. Umumnya, untuk ciri bayi terkena impetigo yaitu terlihat gelembung disekitar hidung dan mulut.

Ciri tersebut menandakan bahwa bayi terkena penyakit ini. Impetigo sendiri dibagi menjadi dua macam yaitu bulosa dan nonbulosa. Keduanya sangat berbahaya dan mengganggu kesehatan dari bayi. Untuk itu, pemahaman mengenai gejala yang ditimbulkan harus bisa dipahami oleh para orang tua. Ketahui beberapa gejala impetigo yang terjadi pada bayi.

Beberapa Gejala Munculnya Impetigo Pada Bayi

Dalam kemunculan penyakit yang satu ini, tentu terdapat gejalanya. Ini dia beberapa gejala yang ditimbulkan:

Muncul Satu Bintik Merah

Gejala awal terjadinya impetigo pada bayi yaitu dimulai dari munculnya satu bintik merah. Mungkin, banyak dari orang tua yang tidak memahami akan hal ini. Padahal, munculnya satu bintik merah ini bisa menyebar dengan begitu pesat. Terlebih, untuk bintik yang ada tersebut terasa gatal pada bayi. Tidak heran, jika bayi akan sering menangis saat terdapat bintik ini.

Kemunculan dari bintik merah memang tanpa disadari oleh para orang tua. Bahkan, banyak dari orang tua yang mengabaikan gejala ini. Padahal, cukup penting gejala ini sebagai tanda kewaspadaan terhadap penyakit. Karena, jika dibiarkan nantinya akan menyebar!

Ruam Merah Cepat Menyebar

Gejala selanjutnya yang begitu terlihat yaitu adanya ruam merah yang ikut menyebar dengan cepat. Hal ini dikarenakan bintik yang sebelumnya muncul kemudian pecah. Bakteri yang ada pada bintik tersebut kemudian menyebar ke daerah lainnya. Hal inilah yang seharusnya dicegah agar tidak menyebar.

Saat sudah menyebar, ruam merah akan menjadi lebih terlihat. Bahkan, pada beberapa bayi bisa mengakibatkan terjadinya infeksi. Karena itu, alangkah baiknya untuk bisa memahami gejala yang satu ini. Jangan sampai, gejala yang ditimbulkan tidak diketahui oleh orang tua.

Kulit Bayi Menjadi Bengkak

Salah satu gejala dari terjadinya impetigo yaitu kulit menjadi bengkak. Hal ini terjadi setelah proses ruam merah tersebut menyebar. Maka, kulit akan terasa bengkak saat disentuh. Banyak dari bayi yang tentunya menangis merasakan hal yang tidak menyenangkan ini.

Ruam merah dan kulit yang bengkak saat disentuh menjadikan kondisi bayi memburuk. Karenanya, sebelum terjadinya hal ini maka anda bisa mengetahui gejala yang sebelumnya. Jangan sampai, penanganan yang terlambat membuat kondisi bayi menjadi lebih terpuruk.

Kulit Kering Dan Berwarna Kuning

Terakhir, kulit dari bayi yang sudah terinfeksi impetigo akan berubah warna. Perubahan warna dari ruam merah, kemudian mengering terlebih dahulu. Setelah itu, akan muncul warna kuning kecoklatan pada area yang terjadi pembengkakan tersebut. Banyak dari orang tua yang belum mengetahui gejala ini.

Bahkan, untuk penanganannya masih begitu sederhana. Padahal, jika sudah terkena impetigo harus ditangani dengan benar. Penanganan yang kurang tepat hanya akan membuat kulit dari bayi menjadi tidak sembuh. Untuk penanganan yang tepat, alangkah baiknya untuk mengunjungi dokter spesialis kulit untuk bayi.

Gejala impetigo yang ada di atas hampir dialami semua oleh penderita. Untuk itu, diperlukan kewaspadaan yang tinggi bagi para orang tua. Jangan sampai, setelah sudah muncul gejala tersebut tidak segera diatasi. Semoga bermanfaat!

(Ads)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here