KABARRAFFLESIA.com – Walikota Bengkulu Helmi Hasan mendorong agar Kantor Kementerian yang ada di Jakarta bisa disebar ke daerah-daerah. Hal ini ia sampaikan saat menghadiri Mayor Caucus 2019 di Kota Bogor dan Kongres Internasional Perencana Wilayah dan Kota / ISOCARP World Planning Congress ke-55, Senin (9/9).

Menurtunya, usulan ini untuk kepentingan pemerataan pembangunan wilayah di Tanah Air. Dimana, kantor-kantor kementerian bisa ditempatkan di daerah sesuai dengan potensi daerah tersebut.

“Misalnya Bengkulu memiliki potensi pariwisata dan pertanian. Maka kantor kementeriannya ada di Bengkulu,” jelas Helmi.

Dengan penyebaran kantor kementerian ini, maka pemerataan pembangunan bisa dicapai. Sebab, seluruh daerah bisa maju secara serentak.

“Sekarang ada wacana ibukota akan pindah ke Kalimantan, maka kalau saja kantor kementerian ikut pindah ke sana, itu sama artinya dengan memindahkan Jakarta ke Kalimantan,” ungkapnya.

Helmi menambahkan, usulan ini akan disampaikan langsung oleh Asosiasi Pemerintah Kota Seluruh Indonesia (APEKSI) kepada Presiden Joko Widodo.

Untuk diketahui, Mayor Caucus merupakan kegiatan pertemuan para wali kota yang bertujuan untuk mendiskusikan tantangan dalam pembangunan perkotaan. Kegiatan ini merupakan bagian dari Kongres Perencanaan Kota Sedunia atau International Society of City and Regional Planners (ISOCARP).

Kegiatan Mayor Caucus 2019 ini bertujuan untuk memberikan ruang bagi para wali kota sehingga dapat mendiskusikan peran kota-kota dan kepemimpinan daerahnya masing-masing dalam menyukseskan pencapaian tujuan-tujuan di dalam Sustainable Development Goals (SDGs) atau Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (TPB).

“Garis besar diskusi ini mencakup tantangan, langkah perbaikan, bentuk kolaborasi antar daerah yang paling sesuai, dan dukungan yang perlu diberikan dalam pencapaian tujuan pembangunan berkelanjutan,” kata Helmi. (cho)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here