KABARRAFFLESIA.com – Guna menyusun Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) 2020 sebagai wujud untuk harmonisasi pembangunan dikota Bengkulu. Pemerintah Kota (Pemkot) Bengkulu gelar Musyawarah Rencana Pembangunan (Musrenbang), di Kantor Kecamatan Ratu Samban Rabu, (12/02/2020).

Wakil Walikota Bengkulu Dedy Wahyudi menyampaikan musrenbang idealnya merupakan wadah penyerapan aspirasi masyarakat. Sehingga pembangunan bisa  menyasar tingkat Rukun Tetangga (RT), Rukun Warga (RW), kelurahan sampai ke Kecamatan.

“Musrenbang merupakan agenda penting dan strategis dalam mewujudkan perencanaan pembangunan Kota Bengkulu, dan perencanaan itu harus dilakukan dari bawah,” katanya.

Ia berharap, agenda musrenbang ini bukan hanya sekedar basa basi, dan bukan hanya formalitas saja. Jadikan musrenbang ini dasar untuk pembangunan pada tahun 2021.

“Kita harus melihat berbagai keluhan masyarakat terkait pembangunan untuk memberikan solusi kedepannya,” ucapnya.

Ia juga berpesan kepada Bapelitbang untuk mementingkan skala prioritas terhadap laporan masyarakat dengan membandingkan dokumen lama dan dokumen baru agar dapat menentukan
pembangunan perencanaan nantinya.

Leading sektornya PUPR, masyarakat perlu bukti kongkrit dari suatu pembangunan dan perencanaan yang telah dicanangkan, tidak butuh teori ini itu,” tegasnya.

Ia contohkan program yang lahir dari musrenbang adalah 1000 jalan mulus dan pembangunan drainase. Namun, ia harap ke depan lahir program-program lain.

“Pembangunan bukan hanya fisik saja melainkan non fisik juga, untuk benar-benar dibuat skala prioritas dengan dana Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) yang terbatas dan dibantu dengan melakukan pemuktahiran data Pajak Bumi dan Bangunan (PBB) nantinya juga untuk mewujudkan pembangunan yang terbaik,” sampainya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here