Musda Golkar Penentu Konstalasi Politik Bengkulu

286

Jelang pelaksanaan pemilihan Gubernur (Pilgub) Bengkulu 2020, Partai Golkar Bengkulu punyo “gawe besak”. Yakni menggelar Musyawarah Daerah (Musda) DPD I untuk memilih Ketua yang kemungkinan digelar tanggal 29 Februari 2020 ini, diprediksi bakal berlangsung sengit. Karena akan menjadi penentu arah dukungan partai beringin di Pilgub Bengkulu mendatang.

Seperti diketahui, sejumlah kader beringin yang masuk bursa kandidat ketua juga maju dan bersaing di Pilgub Bengkulu. Mereka antara lain, Gubernur Bengkulu H. Rohidin Mersyah yang saat ini merupakan petahana dan Bupati Rejang lebong H. Ahmad Hijazi yang juga merupakan kader lama partai berlambang beringin ini.

Makanya tak heran, banyak yang memprediksi Musda Golkar kali ini serasa Pilgub. Musda ini bisa dikatakan sebagai ajang pemanasan bagi kader menuju pertarungan sebenarnya di Pilgub Bengkulu mendatang. Duat kader terbaik tersebut dipastikan akan berjuang ‘mati matian’ merebut posisi ketua. Karena itu menjadi tiket mendapatkan perahu golkar di Pilgub nanti.

Hitung hitungan sementara, peluang Rohidin Mersyah cukup besar dibandingkan yang lain, Karena beliau diterima dan didukung sebagian besar DPD II. Namun dalam politik arah angina tentu saja masih bisa berubah hingga detik detik akhir pemilihan,
Analisa kami, Musda kali ini juga sangat rawan.

Karena bisa menjadi pintu perpecahan di Pilgub nanti. Apalagi aroma persaingan antar kandidat sudah mulai terlihat. Jika tidak bisa legowo, bisa bisa Golkar tidak bakal satu suara di pilgub nanti. Namun, bisa saja nanti Golkar mengambil jalan tengah. Memilih ketua secara aklamasi Ini bisa saja dilakukan asal semua kandidat legowo, dan demi nama besar Golkar. ‘’Kemungkinan ini bisa saja terjadi. Karena Golkar kan terkenal dengan musyawarahnya. Semua demi nama besar Golkar di Pilgub nanti.

Tetapi apapun hasil dari musda Golkar mendatang merupakan penentu konstalasi politik provinsi Bengkulu ke depan dalam menghadapi Peta Pilkada Bengkulu 2020.(**)

Oleh: H. Muchdimon Muchlis, SE
Penulis adalah Direktur Eksekutif Link Survey Associated (LSA)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here