KABARRAFFLESIA.com – Selain mengambil kebijakan untuk meliburkan sekolah selama 2 pekan, Walikota Bengkulu Helmi Hasan juga mengeluarkan instruksi agar ASN mengurangi Dinas Luar (DL).

“Khusus ASN dan pejabat diimbau tidak dinas luar sementara waktu kecuali urusan yang sangat sangat penting,” kata Helmi Hasan, Minggu (15/3).

Baca juga: Waspada Corona, Walikota Liburkan Sekolah

Selain itu, ia mengimbau agar menghindari berjabat tangan dan cipika cipiki. Ungkapan salam dapat diganti dengan salam hidayah.

“Bagi ASN, agar tidak menggunakan absen finger, diganti dengan absen manual,” kata dia.

Sementara itu, untuk tempat umum dan pelayanan publik, Helmi meminta agar pengelola menyediakan hand sanitizer dan tempat cuci tangan. Di bandara dan setiap pintu masuk ke luar kota Bengkulu juga harus tersedia alat pendeteksi corona.

Untuk masyarakat, Helmi imbau agar rutin cek kesehatan. kemudiab, makan dengan gizi yang seimbang, rajin olahraga dan istirahat yang cukup.

“Jaga kebersihan lingkungan rumah ibadah, tidak merokok dan minum-minuman keras,” ungkapnya, sembari meminta agar masyarakat minum air mineral 8 gelas per hari.

“Makanlah makanan yang dimasak sempurna dan jangan makan dari daging, dari hewan yang berpotensi menularkan,” tambahnya.

Bila demam dan sesak nafas, kata Helmi, segera ke fasilitas kesehatan, ke Puskesmas, ke rumah sakit yang terdekat.

“Cuci tangan setiap hari pakai sabun, gunakan masker bila batuk atau tutup dengan lengan atas bagian dalam,” sambungnya.

Jangan lupa, imbaunya lebih lanjut, untui berdoa kepada Allah Subhanahu Wa Ta’ala, Tuhan Yang Maha Esa. Karena virus ini adalah ciptaan Allah Subhanahu Wa Ta’ala.

“Hanya Allah yang memberikan manfaat. Dan virus tidak bisa memberikan manfaat dan mudharat tanpa seijin Allah subhanahu wa ta’ala. Bagi umat Islam selalu perbarui wudhu. Perbanyaklah infaq, shodaqoh, berpuasa sunnah di perbanyak, berdoa dan ikhtiar agar kota Bengkulu dijauhkan dari virus Corona dan segala macam bala’ musibah atau bencana lainnya di Kota Bengkulu,” pungkasnya.

Video Terkait:

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here