KABARRAFFLESIA.com – Dinas Kesehatan Kota Bengkulu dan Rumah Sakit Harapan dan Doa (RSHD) menggelar Lomba Inovasi Puskesmas. Kegiatan dibuka langsung oleh Asisten I Kota Bengkulu Bujang HR didampingi Staf Ahli Bidang Pemerintahan Matriani Amran di Ruang Hidayah Kantor Walikota Bengkulu, Rabu (4/3/2020).

Bujang mengatakan kegiatan ini dilaksankan untuk meningkatkan pelayanan kesehatan di puskesmas yang ada di Kota Bengkulu. Lomba ini diikuti seluruh Puskesmas se-Kota Bengkulu.

Ia pun berharap agar puskesmas-puskesmas memiliki banyak program dan pelayanan yang bisa dirasakan langsung oleh masyarakat melalui pelayanan tersebut.

“Untuk menanggapi itu, kita harus melakukan Inovasi-inovasi di bidang pelayanan kesehatan dalam memberikan sentuhan dan pelayanan terbaik pada masyarakat yang membutuhkan,” ujarnya.

Sementara itu, Direktur RSHD Kota Bengkulu dr Lista Cherlyviera berharap agar juri untuk melakukan penilaian dengan objektif.

“Dengan kegiatan yang baru ini, kami sangat mengapresiasi dengan sangat baik dan tentu memberikan nuansa baru dalam rangkaian kegiatan hari jadi Kota Bengkulu pada tahun ini,” tegasnya.

Ia juga berpesan setiap puskesmas di Kota Bengkulu untuk meningkatkan prestasi dan semangat dalam setiap Puskesmas untuk menampilkan yang terbaik.

“Sehingga kualitas pelayanan kepada masyarakat bisa ditingkatkan,” ucap Lista.

Sebelumnya, Kepala Dinas Kesehatan Kota Bengkulu Susilawaty mengatakan  dalam lomba ini, puskesmas diminta untuk menjelaskan profil puskesmas dan capaian kinerja puskesmas dengan beberapa inovasi hasil kinerja.

“Kegiatan ini menekankan kita harus berinovasi untuk akreditasi paripurna. Inovasi ini diharapkan dapat menumbuhkan rasa kompetisi dan penguatan kinerja dalam memberikan mutu pelayan terbaik,” ujar Susilawaty.

Selain itu, ia juga mengatakan kegiatan ini akan ada beberapa aspek penilaian diantaranya dari orisinil atau keaslian inovasi, kesesuaian inovasi, kejelasan metode, kekuatan inovasi, pesan moral yang disampaikan tentunya.

“Lomba inovasi puskesmas dilaksanakan 4 dan 5 Maret 2020. Dilanjutkan Tanggal 6 Maret akan dilaksanakan senam germas dengan berbagai berhadiah guna memeriahkan hari jadi Kota Bengkulu ke-301,” tegasnya.

Untuk diketahui, Lomba Inovasi Puskesmas diawali dengan Inovasi UPTD Puskesmas Kampung Bali dengan strategi menurunkan angka perokok di kalangan remaja melalui tim terintegrasi UPTD puskesmas Kampung Bali. Dengan berbagai inovasi seperti penyuluhan, sosialisasi dan juga Perda tentang KTR/ kawasan tanpa rokok.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here