KABARRAFFLESIA.com – Lomba hafalan hadits antar OPD di lingkungan Pemerintah Kota (pemkot) Bengkulu Selasa (3/3/20) memasuki hari ke dua. Dewan juri akan segera melakukan penilaian terhadap masing-masing peserta untuk menentukan pemenangnya.

Masing-masing peserta yang sudah tampil membacakan 40 hadits optimis menang. Seperti salah satu peserta dari OPD BKPP, Hendrik Fernandes usai tampil di ruang Hidayah kantor Walikota Bengkulu.

“Insya Allah, saya optimis menang minimal masuk 3 besar. Karena saya sudah membacakan 40 hadits dengan sangat jelas dan fasih berikut artinya. Saya suka dengan kompetisi seperti ini bisa meningkatkan pengetahuan dan hafalan hadits,” ujar Hendrik.

Hendrik hanya memerlukan waktu kurang dari 2 minggu untuk bisa menghafal 40 hadits di luar kepala. Ia mengaku senang karena sejak dicanangkannya Bengkulu Kota Hadits, sekarang sudah banyak masyarakat yang hafal 40 hadits termasuk dirinya dari kalangan ASN.

“Kita melihat kota hadits ini belum ada di daerah lain. Di daerah lain itu yang ada hanya kota hafitz. Harapan ke depan bisa ditingkatkan lagi hafalan hadits ini. Mungkin dari 40 hadits jadi 80 atau 100 hadits,” kata Hendrik.

Ketua HUT Kota Bengkulu ke-301, Tony Elvian mengatakan bahwa lomba hafalan hadits ini bertujuan untuk mensukseskan program kota hadits. “Diharapkan hafalan hadits mengakar dan membudaya,” ujar Tony yang merupakan staf ahli bidang pembangunan ekonomi dan keuangan setda Kota Bengkulu.

Panitia dan penyelenggara lomba hafalan hadits, Pajrul Apandi mengatakan kriteria penilaian dari lomba hafalan hadits ini yakni dari cara melafazkannya, artinya, kefasihan, riwayat hadits yang dibaca, intonasinya dan penampilan.

“Hadits yang dibaca harus terdengar jelas. Melafazkannya harus benar dan lancar. Nanti setelah dinilai, juri akan menetapkan 3 orang pemenang,” jelas Pajrul sembari mengatakan total peserta sebanyak 42 orang.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here