Ketika menjalankan sebuah bisnis, Anda perlu tahu bagaimana caranya menghemat waktu dan tenaga saat bertransaksi. Point of Sales (POS) adalah jawabannya.

Sistem manajemen penjualan menjadi satu-satunya hal yang tidak pernah bisa ditinggalkan oleh berbagai sektor bisnis, terlebih restoran, toko, atau bisnis berbasis ritel. Bukan tanpa alasan, penjualan selalu berkaitan dengan transaksi jual beli dan menjadi penentu berjalannya sebuah bisnis karena langsung mengarah pada untung atau rugi. Inilah pentingnya menggunakan sistem yang pas untuk memudahkan setiap transaksi, salah satunya Point of Sales atau POS.

Nah, agar manajemen ini berjalan sesuai dengan keinginan, dibutuhkan suatu sistem yang mengatur semua prosesnya. Dahulu, sistem ini menggunakan sebuah alat yang dinamakan mesin kasir. Melalui mesin ini, transaksi akan menjadi lebih mudah, penjualan pun bisa terkoordinasi dengan baik.

Namun, perkembangan teknologi membuat mesin kasir tradisional kini semakin canggih dan modern. Sudah pasti, tujuannya adalah memudahkan semua pemilik bisnis dalam mengelola usahanya, terutama yang berhubungan dengan penjualan dan transaksi. Jika dahulu mesin kasir masih bersifat konvensional atau digunakan secara tradisional, sekarang dikenal istilah Point of Sales (POS) atau kerap disebut kasir online.

Definisi dan Fungsi dari Point of Sales (POS)

Sebenarnya, POS memiliki peran yang sangat penting dalam menunjang penjualan bisnis Anda. Namun, belum banyak pengusaha yang mengetahui seberapa penting sistem POS ini untuk usahanya, sehingga penggunaannya pun belum maksimal dan masih menerapkan cara yang terbilang konvensional.

Mungkin, menggunakan mesin kasir yang dilengkapi dengan fitur penarik uang tunai atau cash drawer terasa lebih mudah bagi sebagian besar orang. Namun, kini kecepatan transaksi sangat berpengaruh dalam penjualan, sehingga semakin cepat prosesnya, keuntungan yang didapat pun bisa semakin meningkat. Inilah, kegunaan utama dari sistem Point of Sales (POS), yaitu menyederhanakan dan memudahkan proses transaksi bisnis Anda.

Jadi, apakah POS ini hanya untuk memudahkan dan menyederhanakan proses jual beli bisnis? Ternyata tidak. Ada banyak fungsi yang bisa Anda dapatkan dalam bisnis, termasuk menyimpan semua data pelanggan dengan baik dan terstruktur, membantu memudahkan menghitung laba rugi, hingga memudahkan Anda ketika hendak melakukan ringkasan atau rekapitulasi hasil penjualan.

Secara ringkas, berikut beberapa fungsi dari Point of Sales (POS) yang bisa Anda dapatkan dalam mendukung kelancaran bisnis:

● Memberikan pencatatan data yang lebih akurat dan lengkap.
● Memberikan pencatatan laporan penjualan secara langsung (real-time) dan daring.
● Memudahkan pemilik bisnis dalam mengecek stok atau ketersediaan barang.
● Dapat membantu melakukan pengubahan harga produk lebih cepat.
● Lebih mudah dalam mencetak bukti belanja atau struk.
● Waktu yang lebih efektif dan efisien.

Tidak hanya untuk bisnis berbasis ritel, penggunaan sistem POS pun bisa diterapkan dalam berbagai sektor bisnis, termasuk kuliner atau restoran dan fashion. Sistem ini disinyalir mampu menyederhanakan proses operasional, sehingga biaya pengeluaran pun dapat ditekan.

Pengertian Point of Sales (POS)

Setelah mengetahui fungsi dari Point of Sales (POS), pasti Anda sudah membayangkan apa arti dari POS itu sendiri? Secara sederhana, POS berarti alat atau sistem yang kini banyak digunakan oleh pemilik usaha, khususnya di sektor ritel untuk memudahkan dan meringkas aktivitas jual beli.

POS sering dikaitkan dengan aplikasi kasir yang mendukung sepenuhnya kegiatan transaksi. Lalu, mengapa bisnis ritel menjadi sektor yang paling banyak menggunakan sistem ini? Pasalnya, ritel menjadi sektor bisnis yang sudah pasti memiliki banyak cabang, dan adanya aplikasi POS ini sudah pasti lebih menghemat waktu karena bisa melakukan pemantauan di semua cabang tanpa harus mengunjungi outlet satu per satu.

Jadi, Point of Sales (POS) mengacu pada sistem yang telah berbasis komputer dan mengkombinasikan antara perangkat keras dan perangkat lunak dengan berbagai fitur pendukung untuk kemudahan transaksi bisnis.

Fungsi dari Moka POS

Nah, memilih sistem POS sendiri bukan terbilang mudah, karena Anda bisa menemukan banyak jasa yang menawarkan aplikasi kasir digital ini. Sudah tentu, memilih dengan cermat menjadi satu keharusan, agar Anda bisa mendapatkan program yang sesuai dengan biaya yang terjangkau.

(Baca Juga: Pemkot Teken MoU Dengan Bulog)

Salah satu penyedia jasa kasir online yang direkomendasikan untuk Anda adalah Moka POS. Mengapa, karena menggunakan aplikasi kasir Moka, bisnis jual beli tidak lagi menjadi hal yang sulit dilakukan. Tidak hanya mudah digunakan, pelanggan pun akan semakin diuntungkan dengan beragam pilihan metode pembayaran, karena aplikasi Moka POS telah terintegrasi sepenuhnya dengan sistem EDC.

Aplikasi kasir Moka POS sendiri telah dipercaya lebih dari 30 ribu pebisnis yang tersebar di seluruh Indonesia. Sektor bisnisnya pun beragam, mulai dari layanan kecantikan, salon dan barbershop, toko roti, rumah makan atau restoran, kedai kopi, gerai makanan cepat saji, layanan profesional, hingga minimarket.

Bisa diunduh langsung melalui perangkat pintar berbasis iOS maupun Android, berikut beberapa fungsi dari aplikasi kasir Moka POS:

Mudah Membuat Laporan Penjualan
Malas membuat laporan penjualan karena terlalu rumit? Terlebih, bagi pebisnis awam, hal ini menjadi bena tugas yang terbilang cukup memberatkan, ya. Inilah mengapa Anda disarankan untuk menggunakan sistem Point of Sales (POS) dari Moka POS.

Adanya Moka POS membuat Anda menjadi lebih mudah dalam menyusun laporan penjualan, terlebih jika bisnis memiliki lebih dari satu gerai. Tidak hanya itu, Anda pun bisa mengakses laporan ini dari mana saja dan kapan saja, termasuk melakukan perubahan pada saat yang sama apabila terjadi kekeliruan data.

Mudah Membuat Program Promosi
Salah satu cara mudah untuk meningkatkan angka penjualan sekaligus keuntungan bisnis adalah mengadakan program promosi, termasuk memotong harga atau diskon pada periode waktu tertentu untuk jenis barang tertentu. Namun, sudah tidak terbayang bagaimana repotnya jika Anda harus mengunjungi gerai demi gerai untuk memberikan informasi promosi.

Sekarang, dengan adanya Moka POS, membuat program promosi tak lagi menjadi kendala dan membuang banyak waktu. Melalui fitur promo type & name, Anda bisa memilih sendiri jenis promosi yang ingin dibuat, mulai dari beli produk A gratis produk B hingga gratis produk tertentu untuk belanja sejumlah nominal tertentu. Menariknya lagi, program promosi ini bisa Anda buat kapan saja dan di mana saja.

Mudah Mengelola Pesanan Pelanggan
Apakah sebelumnya Anda terbiasa melakukan pencatatan pesanan secara manual dengan pulpen dan kertas? Cara yang begitu konvensional, ya? Apakah Anda tidak ingin mengelola pesanan pelanggan lebih mudah dan cepat? Rahasianya, sudah pasti dengan aplikasi Moka POS.

Berbekal tablet atau iPad, Anda bisa langsung mencatat pesanan pelanggan dan menyimpannya. Nantinya, ketika dilakukan pembayaran, Anda hanya perlu membuka rekam pencatatan pesanan dan menghitung, tidak perlu lagi memasukkan satu demi satu pesanan pelanggan.

Manajemen Karyawan Lebih Mudah
Ternyata, tidak hanya memudahkan proses transaksi, Moka POS juga memudahkan Anda sebagai pemilik bisnis dalam manajemen karyawan. Kemudahan ini termasuk melacak siapa karyawan yang sedang melayani atau bertugas ketika proses transaksi. Pun, pelaporan yang disampaikan karyawan melalui aplikasi akan membuat Anda lebih menghemat waktu dan mudah ketika hendak menghitung komisi.

Program Loyalitas Pelanggan
Beberapa bisnis biasanya akan membuat program loyalitas pelanggan, yang beranggotakan para pelanggan yang memang sering melakukan transaksi di gerai Anda. Umumnya, program loyalitas ini memiliki berbagai penawaran menarik untuk para pelanggan setia, termasuk gratis ongkos kirim, potongan harga setiap berbelanja, hingga bonus-bonus tertentu.

Sekarang, membuat program loyalitas pelanggan tidak lagi harus menggunakan kartu keanggotaan. Pasalnya, pembuatan kartu dan pengisian data pelanggan disinyalir lebih memakan waktu. Melalui program Point of Sales (POS) dari Moka, membuat program ini jadi jauh lebih simpel tanpa memerlukan adanya kartu keanggotaan.

Memudahkan Pengelolaan Inventaris
Ini merupakan salah satu fitur baru dari aplikasi kasir Moka, mudah melakukan pengelolaan inventaris. Fitur ini akan membuat Anda lebih cepat menemukan histori pemesanan barang, pengecekan ketersediaan bahan baku, hingga menentukan waktu penyetokan kembali. Jadi, tidak ada lagi keluhan barang habis.

Pengaturan Meja (Khusus Bisnis Restoran)
Selanjutnya, fitur baru untuk Anda yang menggeluti bisnis restoran atau rumah makan. Apa keunggulannya? Anda bisa dengan mudah mendesain tata letak meja di restoran atau gerai, termasuk memeriksa ketersediaan meja ketika gerai sedang penuh, sampai mengantarkan konsumen langsung pada meja yang tepat tanpa harus membuat konsumen menunggu lama.

Pengelolaan Pelanggan
Adanya fitur ini akan membuat Anda lebih mudah terhubung dengan para pelanggan setia. Mengirimkan bukti belanja kini lebih simpel, karena bisa dilakukan secara daring melalui alamat surat elektronik.

Cara ini pun membuat Anda bisa mendapatkan data pelanggan, mengenali siapa saja pelanggan yang aktif berkunjung ke gerai, hingga produk apa yang lebih menarik minat mereka. Tidak hanya itu, Anda juga bisa menerima masukan dari para pelanggan dan memberikan tanggapan secara langsung, sehingga kepuasan pelanggan pun bisa ditingkatkan.

Pengaturan Kapasitas Kerja Karyawan
Punya banyak karyawan tetapi menerima keluhan akan pembagian kerja yang terasa berat sebelah? Jangan khawatir, karena aplikasi kasir Point of Sales dari Moka juga bisa digunakan untuk mengatur kapasitas kerja karyawan pada gerai Anda. Jadi, tidak ada lagi keluhan pekerjaan yang terasa menumpuk hanya di satu orang.

Cara Kerja Moka POS

Lalu, bagaimana cara kerja dari aplikasi kasir Moka POS ini? Sebenarnya sangat sederhana. Setelah mengunduh aplikasinya dari perangkat pintar Anda, gunakan satu perangkat utama untuk memasukkan semua detail informasi terkait produk, termasuk harga awalnya dan harga yang diberikan setelah mendapatkan potongan.

Kemudian, perangkat yang telah terkoneksi dengan sistem bisa langsung memproses segala bentuk transaksi, termasuk mencetak struk sebagai bukti belanja dari mesin pencetak yang telah terkoneksi secara wireless.

Saat proses transaksi berlangsung, petugas kasir hanya perlu melakukan scan produk melalui alat pemindai, dan informasi produk pun telah ada dalam komputer. Jadi, petugas tidak perlu mengetikkan kode bar atau barcode secara manual, dan proses transaksi pun akan lebih menghemat waktu. Artinya, Anda bisa memotong waktu antrean dan mengelola banyak pesanan.

Aplikasi Moka POS telah mengusung basis cloud atau daring, sehingga bagi Anda yang memiliki lebih dari satu gerai, pemantauan dan pengelolaan akan lebih gampang dilakukan. Dengan begitu, Anda pun tak lagi kesulitan dalam menentukan strategi dan inovasi untuk perkembangan bisnis selanjutnya, termasuk melakukan evaluasi pada setiap gerai.

Jadi, tunggu apa lagi? Segala kemudahan dalam transaksi bisnis telah ada di depan mata. Tidak perlu lagi ribet bertransaksi, karena aplikasi Moka POS punya semua jawabannya untuk Anda. Unduh dan coba aplikasi kasir Moka POS sekarang, ada penawaran menarik gratis penggunaan pertama selama 14 hari, lho! Yuk, coba sekarang!

(CP)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here