KABARRAFFLESIA.com – Komunitas Harapan Indonesia (Harpindo) akhirnya batal melaporkan Gubernur Bengkulu Rohidin Mersyah ke Polda Bengkulu pada hari ini, Sabtu (9/5/2020). Kuasa hukum Harpindo, Sugiarto SH MH mengatakan, pembatalan tersebut lantaran Gubernur Bengkulu Rohidin Mersyah sudah meminta maaf.

Sebagaimana diketahui, Harpindo berencana akan melaporkan Rohidin ke Polda Bengkulu. Laporan terkait buka bersama (bukber) yang diadakan oleh Rohidin bersama pengurus Golkar Provinsi Bengkulu.

Harpindo menilai, kegiatan Rohidin Mersyah yang juga Ketua DPD I Partai Golkar Provinsi Bengkulu itu melanggar Maklumat Kapolri tentang pelarangan berkumpun di tengah pandemi Covid-19.

“Jadi keinginan Harpindo ini, agar Gubernur meminta maaf ke publik dan itu sudah dilakukan oleh Pak Gubernur Bengkulu. Harpindo tidak mau menjadi omongan karena ini menjelang pilkada, jangan sampai nanti ada pihak-pihak yang menungganggi,” kata Sugiarto.

Sebelumnya, Gubernur Bengkulu Rohidin Mersyah pada Jumat (8/5/2020) memanh telah menyampaikan klarifikasi dan permohonan maaf terkait buka puasa tersebut.

“Bahwa pada tanggal itu memang ada agenda Partai Golkar Bengkulu itu membagikan masker dan takjil untuk masyarakat di beberapa titik seperti perempatan kantor Golkar, di depan Masjid Baitul Izza dan di simpang Padang Harapan. Selesai pembagian itu ya hari sudah menjelang waktu berbuka sementara rumah teman- teman pengurus itu tempatnya kan berjauhan dengan pertimbangan seperti itu spontan kita berkesimpulan, ya sudah kita membatalkan puasa di rumah makan terdekat saja,” kata Rohidin.

Rohidin menerangkan setiba di rumah makan tersebut, pihaknya langsung duduk di ruangan tertutup. Dalam buka puasa tersebut juga menggunakan protokol kesehatan Covid-19.

“Jadi perlu kami jelaskan, ini buka bersama. Kategori buka bersama itu kan jelas, diundang kemudian kita tentukan tempat dan jam berkumpulnya di mana. Tetapi ini spontanitas untuk membatalkan puasa karena waktunya sudah tiba berbuka,” kata dia.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here