KABARRAFFLESIA.com – Jika Pemilihan Gubernur (Pilgub) Bengkulu digelar hari ini, maka Helmi Hasan akan mengalahkan petahana Rohidin Mersyah. Hal ini terungkap dari rilis Survey Pilkada oleh Roda Tiga Konsultan.

Disampaikan Direktur Riset Roda Tiga Konsultan, Muhammad Taufiq Arif, elektabilitas Helmi Hasan saat ini 23,9%. Walikota Bengkulu itu mengalahkan Rohidin Mersyah yang hanya 17,1%.

“Bila Agusrin M Najamuddin tidak maju, maka Helmi lebih unggul daripada Rohidin,” jelas Arif, di Hotel Santika, Senin (20/7).

Namun, sambungnya, bila Agusrin maju maka elektabilitas Helmi akan turun menjadi 15,1% dan Rohidin akan turun menjadi 16,4%. Sementara Agusrin unggul dari semua calon yakni 22%.

“Bila Helmi tidak maju, maka elektabilitas Agusrin sebesar 23,2% dan Rohidin cuma 17,2%,” ungkapnya.

Dengan data ini, Arif menegaskan voters Helmi Hasan memang memiliki irisan dengan pemilih Agusrin. “Dan pemilih Agusrin lebih memilih Helmi Hasan ketimbang Rohidin, bila Agusrin tidak maju,” imbuhnya.

Dari sisi popularitas, ia menambahkan, Agusrin masih di posisi puncak yakni 85,8%. Dibawahnya ada Rohidin Mersyah (79,9%) dan Helmi Hasan (73,8).

Kendati unggul dari Helmi, tingkat likeabilitas (kesukaan) Rohidin malah lebih rendah dibanding Helmi Hasan. Dimana, tingkat likeabilitas Helmi sebesar 58,7% dan Rohidin hanya 52%.

Likeabilitas Rohidin ini jauh dibanding calon-calon lain. Misalnya Agusrin (59,9%), Imron Rosyadi (57,1), Ferry Ramli (52,9).

“Untuk likeabilitas memang Agusrin yang masih paling unggul,” kata dia.

Sekedar informasi, ada 810 responden dalam survey inim metode yang digunakan adalah statifed systemic random sampling dan margin of error-nya sebesar 3,53%.

“Roda Tiga Konsultan tergabung dalam PERSEPI dan kami siap mempertanggungjawabkan data kami,” kata Arif. (cho)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here