KABARRAFFLESIA.com – Pencernaan merupakan hal yang sangat penting untuk diperhatikan. Semua akibat, baik buruk atau bagusnya sebuah makanan untuk tubuh kita itu akan diproses terlebih dahulu di pencernaan. Maka dari itu, kita juga harus memperhatikan dan memilih lagi apa saja makanan yang akan kita konsumsi. Jika pencernaan kita sehat, maka tubuh kita juga akan terasa sehat.

Jika pencernaan tidak sehat, maka akan merembet ke mana-mana. Pilihlah makanan yang baik untuk pencernaan. Jangan selalu makan yang hanya sekedar enak saja namun Anda tidak memikirkan nutrisi dan juga bagaimana kondisi untuk pencernaan kita tersebut. Sudah jelas, dengan makanan yang bagus untuk pencernaan, tubuh kita juga akan terasa lebih fit dan segar.

Makanan Yang Baik Untuk Pencernaan

Dengan pencernaan yang bagus, maka kita juga akan dijauhi dari penyakit-penyakit yang mungkin saja bisa menyerang organ vital kita seperti jantung atau ginjal. Konsumsi makanan yang tinggi kolesterol, tinggi lemak, didominasi daging-dagingan, dan kurang serat menyebabkan tubuh kita akan sulit untuk mencerna makanan. Memang konsumsi daging bermanfaat bagi tubuh agar terpenuhinya kebutuhan protein hewani.

Akan tetapi, tidak semua orang dapat mentoleransi asupan daging dalam jumlah yang besar. Tubuh kita terkadang memberikan respon jika proses pencernaan daging kurang begitu lancar. Biasanya, tanda-tanda ini antara lain perut kembung, tekanan darah yang tinggi, konstipasi atau sembelit, rasa lelah, bau badan sampai muncul lingkaran hitam di bawah mata kita. Lalu, apa saja makanan yang baik untuk pencernaan? Berikut adalah pilihannya:

1. Kacang Almond

Makanan yang baik untuk pencernaan yang pertama adalah kacang almond. Cangkang almond merupakan sumber prebiotik yang sangat baik. Probiotik ini bermanfaat untuk mendukung pertumbuhan bakteri baik yang ada di dalam usus kita. Bakteri baik bertanggung jawab dalam metabolisme nutrisi dari makanan dan juga obat-obatan.

Penelitian terbaru telah menunjukkan bahwa mengonsumsi prebiotik secara teratur dapat meningkatkan kekebalan tubuh dan menurunkan risiko penyakit kanker dan juga penyakit jantung. Mulai dari sekarang Anda bisa konsumsi kacang almond secara rutin setiap hari.

Beli kacang almond juga sekarang semakin mudah dengan adanya Nutify Indonesia. Produk pilihan dan juga sudah dipastikan kesegarannya. Tentunya sangat aman untuk dikonsumsi. Tanpa adanya MSG dan juga campuran bahan kimia, membuat produk dari Nutify Indonesia ini sudah dipercaya oleh para konsumennya.

Anda bisa pilih berbagai macam varian rasa, salah satunya adalah Nutify Almond Gourmet Dark Chocolate. Rasanya yang nikmat membuat Anda ketagihan. Ketagihan kacang almond tentu tidak apa-apa, karena sudah jelas menyehatkan. Segera buka website-nya dan langsung berbelanja di Nutify Indonesia. Belanja online lebih mudah, karena Nutify Indonesia juga tersedia di beberapa platform E-Commerce Indonesia.

2. Apel

Apel bisa dibilang sebagai sumber serat, sumber serat ini yang disebut dengan pektin. Serat yang satu ini dengan mudah dapat dicerna oleh bakteri ‘baik’ pada usus yakni, Eubacterium eligens dan Lachnospira pectinoschiza. Pektin juga dapat membantu meningkatkan pergerakan usus sehingga pencernaan Anda lancar dan terhindar dari konstipasi (sembelit) dan diare.

Tidak hanya itu saja, buah apel juga dapat membantu menurunkan inflamasi pada usus besar dan infeksi pada usus kecil. Buah ini juga tidak musiman, sehingga Anda bisa beli kapan saja dan juga di mana saja. Mulai biasakan diri untuk konsumsi apel, baik malam hari atau pagi hari untuk sarapan sehat Anda.

3. Biji Chia

Yang selanjutnya adalah biji chia. Kalau yang satu ini, hanya dicampur dengan air putih saja sudah bisa dikonsumsi, tentunya sangat mudah sekali cara konsumsinya. Anda juga bisa mencampurnya dengan yogurt atau sereal untuk sarapan sehat Anda. Dalam biji chia terkandung kalsium, mangan, magnesium, fosfor, dan nutrisi penting yang lainnya.

Biji chia juga merupakan sumber serat yang sangat baik yang berfungsi seperti prebiotik yaitu dengan memberi makan bakteri sehat dalam usus, sehingga dapat membantu pencernaan. Anda juga bisa beli biji chia ini di Nutify Indonesia. Produknya lengkap untuk makanan super seperti kacang almond dan juga biji chia ini.

4. Pisang

Yang selanjutnya adalah pisang. Selain rasanya enak, makanan yang baik untuk pencernaan ini juga sangat mudah dicari. Hampir disetiap sudut toko buah, pasti Anda akan menemui buah yang satu ini. Menanam pohon pisang sendiri di rumah juga sangat mudah. Pisang adalah salah satu makanan terbaik untuk pencernaan Anda. Pisang tidak hanya sekadar jadi makanan penutup tapi juga dapat mencegah diare dan membantu mengatur pergerakan usus Anda menjadi lebih baik.

Pisang terkenal akan kaya potasium dan elektrolit yang dapat memperlancar pencernaan. Dengan demikian, daging yang kita konsumsi tidak akan terlalu lama menghuni perut atau usus Anda. Mulailah rajin untuk mengonsumsi pisang baik sebelum atau sesudah makan, karena manfaatnya sangat baik untuk pencernaan dan usus kita.

5. Sayuran Hijau

Yang selanjutnya adalah sayuran hijau. Sayuran hijau gelap seperti bayam, brokoli, kubis dan sayuran yang memiliki daun lainnya adalah sumber serat larut yang baik. Konsumsi sayuran memberi makan bakteri usus yang baik dan membantu pencernaan.

Mulai dari sekarang, biasakan Anda dan juga anggota keluarga Anda untuk mengonsumsi sayuran hijau. Baik diolah lagi dengan berbagai macam menu masakan, atau bisa dikonsumsi mentah saja sebagai lalapan dengan sambal. Kalau yang terakhir, pasti orang dewasa yang akan lebih suka.

6. Pepaya

Makanan yang baik untuk pencernaan selanjutnya adalah pepaya. Kalau buah yang satu ini memang rasanya sangat nikmat jika disajikan dingin dari kulkas. Pepaya juga mengandung enzim pencernaan yang disebut dengan nama papain yang dapat membantu dalam proses pencernaan makanan dengan memecah serat-serat protein.

Papain juga dapat menurunkan gejala sindrom iritasi usus seperti kembung, gas, dan juga sembelit. Konsumsi semangkuk pepaya setelah makan tentunya sangat baik untuk pencernaan Anda.

7. Tempe

Makanan yang baik untuk pencernaan ini sangat murah di Indonesia. Kita sebagai orang Indonesia tentunya sangat beruntung akan hal ini. Dibandingkan di luar negeri, tempe harganya bisa sampai ratusan ribu rupiah. Sungguh luar biasa bukan perbandingannya? Tidak hanya murah saja, tempe dibuat dari fermentasi alami ragi pada kacang kedelai.

Selama proses fermentasi tersebut, gula pada kedelai dipecah. Tempe juga bisa membantu memperlancar pencernaan dan sumber probiotik yang baik bagi usus. Banyak yang bilang, untuk mendapatkan manfaat terbaik dari tempe adalah dengan mengonsumsinya mentah-mentah. Tentunya, jika digoreng maka minyaknya juga tidak baik untuk kesehatan kita.

Itulah beberapa makanan yang baik untuk pencernaan. Semoga artikel ini bisa merubah pola makan tidak sehat Anda. Mulailah untuk memperhatikan pencernaan kita. Ingat, pencernaan yang sehat maka tubuh kita juga akan sehat. Tetap sehat dan jaga kondisi. Salam. (CP)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here