KABARRAFFLESIA.com – Penggunaan masker Scuba sudah sangat  merakyat di tengah-tengah masyarakat. Selain harganya yang terbilang murah, masker ini banyak diperjualbelikan di setiap sudut-sudut kota.

Menyikapi hal tersebut, Kabid Dokkes Polda Bengkulu Kombes Pol dr. I G.A.A. Diah Yamini D, Sp. THT-KL  tidak menyarankan penggunaan masker scuba. Ia mengatakan masker scuba dan buff kurang efektif dalam menangkal Virus Corona.

“Masker scuba efektivitasnya hanya 0-5 %, dikarenakan Cuma satu lapis sehingga droplet jadi lebih gampang terbang,” ucapnya saat sebelum melaksanakan olahraga senam bersama di lapangan Rekonfu, Jum’at, (06/11/2020).

Ia lebih menyarankan untuk menggunakan masker berbahan kain yang memiliki 2 sampai 3 lapis kain. Berdasarkan penelitian bahan kain yang memiliki 2 sampai 3 lapis kain memiliki efektivitas 50-70% dan masker bedah dengan efektivitas 80-95%.

Sementara itu, Peneliti Loka Penelitian Teknologi Bersih (LPTB) Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI), Dr Eng Muhamad Nasir mengatakan, masker kain dengan bahan lentur seperti scuba, saat dipakai akan terjadi perenggangan bahan sehingga kerapatan dan pori kain membesar serta membuka yang membuat permeabilitas udara menjadi tinggi. Hal tersebut membuat peluang partikular virus untuk menembus masker semakin besar.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here