KABARRAFFLESIA.com – Kinerja Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Kota Bengkulu, khususnya bidang Pajak Bumi dan Bangunan (PBB) dan Bea Perolehan Hak Atas Tanah dan Bangunan (BPHTB), patut mendapat apresiasi. Pasalnya, perolehan Pendapatan Asli Daerah (PAD) dari kedua sektor pajak tersebut selalu melebihi target.

Lebih lanjut, Kabid PBB dan BPHTB Bapenda Kota Bengkulu, Gita Gama, mengatakan pada tahun 2020 ini capaian PBB mencapai 115,64 persen dari target Rp 8 miliar. Sementara capaian BPHTB sebesar 131 persen dari total target Rp 14 miliar.

“Capaian ini meningkat dibanding tahun 2018 dan 2019,” kata Gita.

Dia optimis peningkatan perolehan PBB dan BPHTB ini akan terus terjadi hingga 5 tahun kedepan. Terlebih lagi ada perubahan NJOP di Kota Bengkulu.

“Saat ini juga tengah dibahas Raperda PBB pedesaan dan perkotaan di DPRD Kota Bengkulu. Bila ini rampung, maka dasar hukum untuk peningkatan perolehan PBB makin jelas,” ungkapnya.

Dalam kesempatan itu, ia mengajak wajib pajak terus meningkatkan kesadaran membayar pajak. Sebab, pembangunan bisa dilakukan dengan maksimal bila perolehan PAD meningkat.

“Pajak ini sangat penting untuk pembangunan Kota Bengkulu,” jelasnya.

Untuk PBB sendiri, lanjutnya, pembayaran PBB dapat dilakukan di kantor pos dan di kantor Bapenda Kota Bengkulu yang berada di kawasan Bentiring.

“Kami imbau agar pembayaran bisa dilakukan tepat waktu,” pungkasnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here