Pelatih Protes, Cabor Angkat Besi Tak Terima Siswa

803

KABARRAFFLESIA.com – SMAN Keberbakatan Olahraga (SKO) Bengkulu hanya membuka pendaftaran 10 dari cabang olahraga (cabor) yang ada di sekolah tersebut pada tahun ini. Kesepuluh cabor itu adalah atletik, futsal, pencak silat, renang, senam ritmik, taekwondo, tenis meja, wishu, tinju dan sepak takraw.

Menanggapi hal itu, Kosmas Manik, Pelatih Kepala Angkat Besi Bengkulu pun protes. Sebab, cabor angkat besi tak masuk dalam daftar penerimaan siswa.

“Apa indikator Dispora Provinsi Bengkulu hanya terima 10 cabor. Kenapa cabor lain seperti gulat, angkat besi, dan karate tidak masuk?,” kata Manik, Kamis (3/6).

Padahal, lanjut Manik, ketiga cabor itu selalu menyumbangkan medali untuk Provinsi Bengkulu. Angkat besi misalnya, selalu mengharumkan nama Bengkulu pada event-event nasional.

“Apa parameter perekrutan siswa? Karena ketiga cabor itu lah yang selama ini menyumbangkan prestasi. Kalau alasannya pelatih kurang, ya tambah pelatihnya,” jelas dia.

Manik menyampaikan saat ini jumlah atlet angkat besi hanya 7 orang. Tahun depan, siswa-siswa itu akan tamat.

“Artinya tahun depan habis siswa angkat besi di SKO Bengkulu,” kata dia.

Sebelumnya, Kabid Pembudayaan Olahraga Dispora Provinsi Bengkulu, Syarif, mengatakan ada 3 pertimbangan pembukaan pendaftaran 10 cabor itu. Pertama, untuk menutupi kuota siswa yg lulus dari cabor-cabor terdaftar.

Kedua, untuk memenuhi kuota cabor yakni 1 pelatih melatih 4 hingga 5 siswa. kondisi saat ini ada 1 cabor hanya 2 siswanya.

Ketiga, untuk mengoptimalkan program pembinaan atlit/siswa yang disesuaikan dengan ketersediaan anggaran agar dapat dimanfaatkan secara optimal.

“Kondisi saat ini, ada 8 cabor yang atlit/siswa binaan SKO jumlahnya sangat minim 2-3 orang. Ini sangat tidak memungkinkan bila tidak diisi oleh siswa baru,” kata dia.

SKO Bengkulu Cuma Terima 10 Cabor

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here