Puluhan mobil ambulans Jumat pagi (13/8/2021) berjejer rapi di halaman kantor walikota Bengkulu. Ternyata seluruh sopir ambulans tersebut disuruh walikota Bengkulu Helmi Hasan melalui BPKAD untuk datang ke kantor walikota untuk dilakukan pengecekan.

Helmi bersama wakil walikota Dedy Wahyudi, Dandim 0407/Bengkulu Kolonel.Inf Uchi Cambayong, Sekda Arif Gunadi, Asisten 2 Saipul Afandi, Staf Ahli walikota Zuliyati dan pihak BPKAD mengecek langsung kendaraan ambulans satu persatu sekaligus menanyakan kepada masing-masing sopir per kecamatan termasuk sopir ambulans baznas dan dinas kesehatan.

Helmi minta agar ke depan harus ada catatan dari sopir yang dilaporkan ke camat perihal jumlah warga yang diantar setiap bulan dan kemana tujuan pengantarannya agar masyarakat tahu bahwa ambulans tersebut benar-benar untuk membantu masyarakat, bukan untuk keperluan pribadi atau untuk jalan-jalan.

“Harus ada catatannya sudah berapa warga atau pasien yang diantar, paling jauh ngantarnya kemana. Tadi saya sudah tanya sopir, ada yang sampai ngantar ke Lampung, Medan, Palembang dan lainnya. Jadi harus ada catatan, kalau tidak nanti disangka jalan-jalan saja,” ujar Helmi.

Helmi juga berpesan agar mobil ambulans tersebut juga dirawat. Kemudian untuk beberapa ambulans yang belum memasang nomor telepon/HP di belakang dan depan kaca mobil diminta untuk segera memasangnya agar masyarakat tahu dan mudah untuk dihubungi saat dibutuhkan.

“Nomor HP harus ditempel di mobil. Kalau ada kendala di lapangan langsung laporkan. Bisa laporan ke nomor wa saya. Kemudian kalau ada kegiatan ngantar pasien setiap mengantar jangan lupa dishare ke media sosial, diviralkan,” pesan Helmi.

Pertemuan dan pengecekan ambulans seperti itu, kata Helmi akan dirutinkan setiap bulan. “Memang kali ini mendadak. Ke depan kita jadwalkan setiap bulan dicek kendaraannya. BPKAD tolong, saya minta sebulan sekali kita adakan pertemuan. Sehingga masyarakat juga tahu bahwa kita juga menyediakan ambuans untuk masyarakat,” demikian Helmi.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here