KABARRAFFLESIA.com – Pemerintah Pusat kian mematangkan rencana migrasi TV analog ke TV digital di tahun 2022 mendatang. Berbagai aspek menjadi perhatian untuk diwujudkannya migrasi ini, seperti konten-konten yang akan disiarkan nantinya.

Di zaman digital ini, pemerintah mewaspadai dan melakukan pengawasan terkait konten-konten yang akan disiarkan, terkhususnya kepada anak-anak. Karena yang kita ketahui anak-anak zaman sekarang sudah banyak yang dibekali smartphone yang memudahkan mereka mengakses atau menonton apa pun itu dismartphonenya. Di sini nantinya peran orangtua dan guru sangat penting dalam mengedukasi anak-anak.

Komisioner Komisi Penyiaran  Indonesia (KPI) Pusat Yuliandre Darwis menjelaskan, KPID Bengkulu berperan penting dalam membangun literasi media dan mengalakkan hal ini salah satunya dalam bentuk sosialisasi kepada masyarakat.

“Sosialisasi dan tanggung jawab inilah yang diemban KPID Bengkulu dalam membangun literasi media,” ujar Yuliandre saat memberi materi di acara literasi media yang diselenggarakan KPID Bengkulu di Hotel Nala Sea Side, Sabtu (27/11/2021).

Dengan tema “Ragam Konten Penyiaran Digital, Guru Berdaya Dihadapan Media” Yuliandre mengajak para guru, untuk berperan memberi edukasi ke siswa siswinya.

“Keuntungannya dari migrasi ini ialah semua kualitas siaran TV akan sama, lebih bersih, jernih, dan canggih. Tetapi disini ragam konten pun akan hadir dan sangat beragam serta bervariasi. Maka dari itu, kesadaran orangtua dan guru sangat penting untuk mengawasi dan mengedukasi anak dan siswa dalam menonton TV,” jelasnya.

Sementara itu, Ketua KPID Bengkulu Fonika Thoyib dalam kegiatan ini berharap peran guru lebih terukur dalam perkembangan zaman (digital) dalam mengedukasi siswanya.

“Peran guru sangat strategis dalam transformasi digital termasuk menyampaikan informasi yang baik dan benar kepada para siswanya di sekolah. Tapi peran orangtua paling utama dalam menyaring tontonan untuk anak-anak di rumah dan memberikan perhatian serta edukasi yang lebih ke anaknya,” ujar Fonika.

Kegiatan ini juga dalam rangka peringatan Hari Guru Nasional tahun 2021. Kegiatan ini turut dihadiri para anggota KPID Bengkulu, Kadis Kominfotik Provinsi Bengkulu yang diwakili Sekdis Sri Hartika, Kadis Kominfosan Kota Bengkulu yang diwakili Kabid Pengelolaan informasi dan Komunikasi Publik (IKP) Nugroho Tri Putra, Narasumber dari TVRI Bengkulu Aminudin dan diikuti guru SD dan SMP di Kota Bengkulu.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here