KABARRAFFLESIA.com – Dalam rangka menyukseskan program Merdeka Sampah yang digagas Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Bengkulu, warga Kelurahan Kebun Ros juga ikut serta aktif melaksanakan gotong royong.

Kegiatan gotong royong ini dilaksanakan setiap pekan. Seperti pada Minggu (7/11), para warga kelurahan yang berada di Kecamatan Teluk Segara tersebut melaksanakan gotong kebersihan bersama mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN).

Dijelaskan Kepala Kelurahan Kebun Ros, Mariyana, aksi ini untuk dalam rangka menyukseskan gerakan merdeka sampah.

“Hari ini bersama dengan mahasiswa KKN kami membersihkan lingkungan, sebagian menebas rumput yang sudah meninggi dan memunguti sampah yang berserakah kemudian membakarnya. Aksi ini juga dalam rangka menyuksekan program merdeka sampah yang digagas Wali Kota Helmi Hasan,” jelasnya.

Sebelumnya, Walikota Bengkulu Helmi Hasan meminta seluruh warga di Kota Bengkulu untuk turut serta memerdekan sampah. Caranya, setiap warga harus menyiapkan tempat-tempat sampah permanen di depan rumahnya dan menggelar gotong Royong secara rutin.

“Kalau di Jawa, orang bangun rumah sekaligus bangun tempat pembuangan sampah di depan rumahnya. Nah di kita ini nggak,” ucap Helmi belum lama ini.

Keberadaan kotak sampah di depan rumah, kata Helmi, akan memudahkan petugas untuk mengambil sampah-sampah rumahan.

“Kalau ada kotak sampah kan petugas kita bisa ambil langsung, jadi warga jangan buang sampah sembarangan,” ungkapnya.

Sementara itu Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Bengkulu, Medy Pebriansyah mengajak seluruh masyarakat Kota Bengkulu menjaga kebersihan lingkungan RT, RW, Kelurahan hingga kecamatan dalam rangka menyukseskan merdeka sampah yang digagas Walikota Helmi Hasan.

“Kalau tidak kita siapa lagi yang menjaga kebersihan kota ini. Insya Allah DLH akan bersama masyarakat untuk menangani persoalan sampah,” kata Medy. (adv)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here