KABARRAFFLESIA.com – Anggota DPRD Kota Bengkulu Dediyanto melaksanakan reses menampung aspirasi masyarakat yang akan diperjuangkan di kursi dewan.

Saat reses ini, Dediyanto didamping Kepala Dinas Pertanian Kota Bengkulu, Andriansyah menyerap aspirasi dan keluhan masyarakat mengenai persoalan pertanian, Jumat (10/12/2021).

“Di Kota Bengkulu ini sendiri penduduknya semakin bertambah, angka kemiskinan juga berubah diangka 17,5 persen itu. Nah, ini ada problem apa? Ternyata memang ada urbanisasi dari desa ke kota. Kenapa? karena di desa itu ada problem misalnya mereka kepemilikan lahannya sudah tidak ada lagi, lahannya itu banyak dimiliki perusahan-perusahaan pertambangan, perkebunan. Kalaupun ada lahan yang masih tersedia mereka beranak pinak lahannya bisa menjadi kecil, tidak bertambah lahannya,” ujar Dedi Yanto.

Dedi Yanto siap mendukung memperkuat tanaman-tanaman pertanian milenial, seperti tanaman melon, pembibitan ikan dan lain-lain.

“Di dalam Kota sendiri kita memiliki lahan produktif seluas 800 hektar, jadi itu nanti akan kita bentengi, agar tidak menjadi permukiman. Karena jika dijadikan permukiman, kondisi pertanian kita mengalami masalah kemudian itu juga berdampak banjir,” terang Dedi Yanto.

Dedi Yanto menambahkan, apabila ada kelompok tani yang ingin membuka usaha dalam bidang pertanian supaya mengajukan proposal agar mendapatkan anggaran.

“Kelompok yang ingin membuka usaha pertanian boleh mengajukan proposal agar mendapat anggaran, tapi dengan catatan harus kelompok dan sudah registrasi di dinas pertanian. Ini juga salah satu mencegah kelompok dadakan,” tukasnya. (*)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here