KABARRAFFLESIA.com – Ketua Fraksi PAN DPRD Kota Bengkulu Kusmito Gunawan apresiasi langkah tegas Walikota Bengkulu Helmi Hasan yang memecat Kepala Puskesmas Muara Bahkahulu dan mengganti Plt Kepala Dinkes Kota Bengkulu.

Pasalnya, anggota Komisi I DPRD Kota Bengkulu ini kecewa dan marah kepada jajaran Puskesmas Muara Bangkahulu yang telah menolak, mengabaikan dan tidak memiliki rasa kemanusian atas warga kota yang membutuhkan pertolongan medis. Padahal, Walikota Helmi telah berpesan bila seharusnya, apapun keadaan, pasien tetap harus dilayani.

“Kita dukung 1000 persen sikap tegas walikota yg memberhentikan kepala pukesmas, kita juga minta walikota mengevaluasi Dinas Kesehatan Kota Bengkulu dan kepala-kepala pukesmas yang terlalu kaku untuk bertindak,” kata Kusmito, Kamis (3/4).

Ia menambahkan, DPRD juga akan melakukan sidak ke Dinkes dan puskesmas dalam waktu dekat. Ini untuk melihat langsung pelayanan kesehatan di tingkat bawah.

“Atas nama DPRD, kami juga mohon maaf dengan kelalaian ini. Dan kami harap ini jangan terjadi lagi di kemudian hari,” demikian Kusmito.

Sebagaimana diberitakan sebelumnya, Pemerintah Kota (Pemkot) Bengkulu mengambil langkah tegas atas insiden penolakan pasien di Puskesmas Muara Bangkahulu.

Kamis (3/2), Pemkot Bengkulu langsung mengganti kepala puskesmas tersebut. Sementara, untuk mengisi kekosongan jabatan, Pemkot menunjuk Alfina Hidayati sebagai Pelaksana Tugas (Plt) kepala puskesmas.

Tak hanya itu, Pemkot Bengkulu juga mengganti Plt Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Bengkulu. Sekretaris Dinkes Nurhidayati menggantikan Sri Martiana sebagai Plt Kepala Dinkes.

Surat penunjukan Plt tersebut diteken langsung oleh Sekretaris Daerah Kota Bengkulu, Arif Gunadi, Kamis (3/2).

Pencopotan itu merupakan buntut dari insiden Puskesmas Muara Bangkahulu yang menolak pasien yang masih balita. Alasannya, pelayanan puskesmas sudah tutup. (adv)

Tolak Pasien, Kepala Puskesmas Muara Bangkahulu Diganti

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here