KABARRAFFLESIA.com – Kerusakan jalan di Simpang Kampung Bali, Kota Bengkulu kian parah, baru-baru ini kerusakan jalan tersebut kembali viral di Media Sosial pada akun Instagram dan Facebook @Bengkuluinfo.

Warga pun banyak berkomentar mengeluhkan jalan tersebut yang rusak parah, sebab genangan air  memenuhi setiap lubang yang ada. Tak sedikit warga mengalami kecelakaan disana. Tak sampai disitu, warga juga mengadu kepada Walikota Bengkulu Helmi Hasan dan Wawali Dedy Wahyudi. Dedy turut menyampaikan permintaan maaf karena jalan tersebut bukan wewenang Pemkot.

“Maaf, itu bukan jalan Kota. Semoga yang berwenang bisa memperbaiki,” ujar Dedy membalas komentar akun FB @Afry Yhenni.

Ternyata setelah ditelusuri jalan ini ialah kewenangan pemerintah provinsi dan pihak PUPR kota sudah menyampaikan kerusakan ini ke Pemerintah Provinsi (Pemprov) Bengkulu. Tapi hingga saat ini, kondisi kerusakan jalan ini belum ditanggapi.

“Sudah disampaikan ke PUPR Provinsi, tapi belum ada tanggapan. Dan belum ada kejelasan entah kapan jalan tersebut diperbaiki,” ujar Kadis PUPR Kota Bengkulu, Noprisman, Sabtu (13/8/2022) malam.

Ia juga menjelaskan, memang jalan tersebut berada di kota, tetapi bukan kewenangan Pemkot Bengkulu.

“Itu bukan kewenangan kita, kan jalan di kota ini ada kewenangan kota, ada provinsi ada juga nasional. Nah jalan di Kampung Bali itu kewenangan provinsi, jadi kita tidak bisa melakukan tindakan atau memperbaikinya karena ini menyangkut masalah aset,” tambahnya

Atas kerusakan jalan tersebut, Noprisman sangat menyayangkan karena tak sejalan dengan program 1000 jalan mulus yang telah dilakukan Pemkot Bengkulu. Bahkan, beberapa ruas jalan provinsi yang menjadi wewenang Pemprov, sudah diperbaiki Pemkot meski bukan tupoksinya.

Dan apabila jalan tersebut wewenang Pemkot Bengkulu, tentunya PUPR kota bergerak cepat memperbaikinya. Contohnya seperti jalan Aru Jajar di Kelurahan Pekan Sabtu yang sudah mulus dan lebar.

Karena menurut Walikota Helmi dan Wawali Dedy infrastruktur yang memadai merupakan salah satu bentuk pelayanan kepada masyarakat, terutama memberikan rasa aman dan nyaman bagi para pengguna jalan dan pengendara kendaraan.

Sementara itu, Anggota Komisi II DPRD Kota Bengkulu, Teuku Zulkarnain berharap jalan tersebut segera diperbaiki oleh Pemprov. Pasalnya sudah banyak warga yang mengadu ke DPRD Kota Bengkulu dan meminta agar jalan itu diperbaiki.

Padahal, kata Teuku, jalan tersebut adalah milik Pemprov Bengkulu. Ia pun sarankan agar gubernur menyerahkan jalan itu ke Pemkot bila tidak mampu membangun.

“Semoga Pak Gubernur cepat tanggap dan memperbaiki jalan tersebut,” kata dia.

Pak Gub, Warga Keluhkan Jalan Hancur Milik Pemprov

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here