KABARRAFFLESIA.com – Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) mulai membuka penjaringan kandidat bakal calon kepala daerah untuk maju dalam kontestasi Pilkada 2024. Salah satu nama yang diundang adalah Helmi Hasan.

Muhaimin Iskandar atau Cak Imin, dalam acara bertajuk “Ta’aruf Politik” Calon Kepala Daerah menyebut dalam melakukan penjajakan pihaknya turut mempertimbangkan berbagai hal. Di antaranya, elektabilitas, kapasitas dan komitmen para kandidat dalam menjalani visi dan misi yang diusung oleh PKB.

“Intinya PKB benar-benar mengabdikan seluruh pilihannya kepada kepentingan rakyat daerah terutama kita ingin mendorong disentralisasi selama ini 10 tahun terakhir terlampau sentralisasi sehingga PKB ingin para calon kepala daerah ini betul betul siap menjadi pimpinan otonom daerah,” sebut Cak Imin.

Wakil Ketua DPR RI itu juga ingin para Cakada membawa spirit reformasi 1998. Sehingga bisa mempercepat kemajuan dan kemakmuran rakyat.

“Nah itu visi kami sehingga nanti suatu hari kalau redistribusi kekuasaan melalui otonomi daerah itu berjalan kembali secara maksimal para kepala daerah yang terpilih ini sudah benar-benar siap. Jadi mimpi PKB adalah keseimbangan, tidak semuanya menjadi sentralisasi,” jelasnya.

Cak Imin menuturkan proses penjaringan kepala daerah masih panjang. Kandidat yang mendaftar tidak otomatis langsung mendapatkan tiket untuk maju sebagai kepala daerah.

“Masih penjaringan. Nanti akan ada fit and proper masih ada perdebatan survei pendampingan,” terang dia.

Lebih lanjut, Cak Imin menjelaskan penjaringan kepala daerah masih terbuka lebar. Dia memastikan kader dan non kader PKB diperlakukan sama.

No tidak ada. Kader atau tidak kader sama. Tiga kriteria, elektabilitas, kapasitas, visi. Kader pun kalau gak masuk tiga kriteria itu tercoreng,” kata dia.

Untuk diketahui, Helmi sendiri merupakan Ketua DPW PAN Provinsi Bengkulu. Diketahui, pad Pileg lalu, PAN mendapat 6 kursi DPRD Provinsi Bengkulu.

Di sisi lain, PKB mendapat 3 kursi. Artinya, koalisi PKB dan PAN sudah cukup untuk mengantarkan Helmi sebagai Calon Gubernur Bengkulu.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here